Abstract: “This aim of study is to develop and test the feasibility of counseling cognitive behavior with self-management techniques guidebook to reduce academic procrastination.The development procedure in this study is the 4D model proposed by Thiagarajan (1947) which consists of 4 stages, namely define, design ,develop and, disseminate. 5 expert and counseling guidance practicioners were involved to asses the feasibility of the guidebook.The instrument used in the assesment consisted of 22 items thet referred to calculation of the content validity ratio from Lawshe. The result of the analysis showed the counseling cognitive behavior with self-management techniques guidebookhas a content validity index (CVI) 0,95 wich mean have verry good category.” Abstrak : “Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan dan menguji keberterimaan buku panduan konseling kognitif behavior teknik self-management untuk mengurangi prokrastinasi akademik. Buku panduan ini dibuat guna membantu guru BK dalam mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Model yang dipakai di penelitian ini adalah model 4D yang diutarakan oleh Thiagarajan (1947) yang meliputi 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini melibatkan 5 orang pakar dan praktisi bimbingan konseling untuk menilai kelayakan buku panduan. Instrumen yang digunakan dalam penilaian terdiri dari 22 item pernyataan yang mengacu pada keberterimaan buku panduan. Analisis hasil penilaian menggunakan formulasi perhitungan content validity ratio dari Lawshe. Hasil analisis menunjukkan buku panduan konseling kognitif behavior teknik self-management memiliki indeks validitas (CVI) sebesar 0,95 yang berkategori sangat baik.”
Copyrights © 2023