Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem, kesiapan dan pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum di SMP Negeri 21 Pontianak. Persiapan sekolah dalam rangka menerapkan pembelajaran sesuai konsep kurikulum merdeka diawali dengan langkah mendapatkan pelatihan yang difasilitasi oleh pemerintah secara gratis. Walaupun adanya pelatihan, webinar, workshop maupun kegiatan sejenisnya, masih terdapat guru melaksanakan pembelajaran tidak sesuai konsep kurikulum merdeka atau masih secara konvensional. Namun dalam pelaksanaannya, antar guru SMPN 21 Pontianak saling membantu dan kerja sama. Pembelajaran kegiatan regular atau rutin dilakukan untuk mengembangkan minat, bakat dan kemampuan siswa kelas VII. Meningkatkan kemampuan kognitif dilakukan guru tanpa mengabaikan penanaman nilai karakter siswa yang terwujud dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Populasi penelitian terhadap siswa kelas VII, sedangkan subyek penelitian yaitu guru dan siswa secara acak atau tidak terstruktur. Hasil penelitian ini yaitu persiapan dalam memahami kurikulum merdeka dilakukan pertama kali melalui pelatihan, webinar, workshop dan bentuk kegiatan lainnya. Sedangkan pada pelaksanaannya, implementasi sebagaimana pada satuan pendidikan pada umumnya, adanya pembelajaran rutin atau regular dan proyek penguatan profil Pancasila menyangkut penanaman nilai karakter yang ditanamkan sekolah. Kemudian kerja sama yang baik antar guru muda dan senior dalam pemanfaatan tekhnologi pembelajaran.
Copyrights © 2023