Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Number Head Together terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Komba. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model spiral dari Kemis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Popul?si d?l?m peneliti?n ini ?d?l?h sisw? kel?s VII B SMPN 12 Kot? Komb?, dan s?mpel peneliti?n berjuml?h 20 or?ng. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai aktivitas belajar siswa. Analisis data diperoleh dari data observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas dengan menggunakan model Number Head Together(NHT). Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi siklus I pertemuan pertama sebesar 54% sedangkan pada pertemuan II siklus I sebesar 72%. Mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 85% sedangkan pertemuan kedua siklus II sebesar 96%.
Copyrights © 2023