Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (Nht) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Viismpn 12 Kota Komba, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur

Kristina Kunda (Universitas Flores)
Yuliana Yenita Mete (Universitas Flores)
Melania Priska (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Number Head Together terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Komba. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model spiral dari Kemis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Popul?si d?l?m peneliti?n ini ?d?l?h sisw? kel?s VII B SMPN 12 Kot? Komb?, dan s?mpel peneliti?n berjuml?h 20 or?ng. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai aktivitas belajar siswa. Analisis data diperoleh dari data observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas dengan menggunakan model Number Head Together(NHT). Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi siklus I pertemuan pertama sebesar 54% sedangkan pada pertemuan II siklus I sebesar 72%. Mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 85% sedangkan pertemuan kedua siklus II sebesar 96%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...