Akuntansi merupakan pelajaran yang sangat penting didalam kehidupan sehari-hari. Kerena akuntansi menyangkut dengan informasi perhitungan pengeluran dan masukan bagi yang memerlukan.untuk memahami akuntansi harus dapat memiliki kecerdasan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional,kecerdasan intelektual terhadap pemahaman akuntansi dengan kecerdasan spiritual sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika,Bisnis dan Humaniora Universitas Dhyana Pura Tahun 2018-2021. Populasi dari penelitian ini 180 orang yang merupakan mahasiswa aktif tahun 2018- 2021dan sampel yang diambil sebanyak 72 mahasiswa dengan menggunakan rumus slovin. Analisis data menggunaka regresi linear berganda dan moderated regression analysis ( MRA). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa secara parsial kecedasan emosional dan kecerdasan intelektual berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan kecerdasan spiritual sebagai variabel moderasi. Dan secara silmutal pengaruh kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan kecerdasan spiritual sebagai variabel moderasi.
Copyrights © 2023