GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 1 (2023)

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi ditinjau dari Gaya Belajar

Binsar Waluyo (Unknown)
Heni Pujiastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah mencari, mengetahui, dan memahami informasi mengenai kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketika mengerjakan soal asesmen kompetensi minimum numerasi yang kemudian dilakukan peninjauan terhadap gaya belajar masing-masing siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa 26 siswa kelas VB di SDN Lialang yang kemudian dari ketiga gaya belajar dipilih tiga siswa untuk mewakili. Hasil yang didapatkan yaitu kesalahan memahami, memproses jawaban, dan menuliskan jawaban cenderung dilakukan oleh siswa kelompok visual. Kesalahan memahami cenderung dilakukan oleh siswa kelompok audiotori. Kesalahan memahami dan menuliskan jawaban cenderung dilakukan oleh siswa kelompok kinestetik. Penyebab kesalahan tersebut diantaranya karena terburu-buru, belum memahami apa saja informasi dalam soal yang seharusnya ditulis dan belum memahami cara menuliskan kesimpulan yang baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gauss

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal ini berisikan kajian ilmiah dan hasil penelitian dibidang matematika dan pendidikan ...