Indonesian Journal of Physical Activity
Vol. 2 No. 1 (2022): November-April

Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMP Negeri 5 Satap Biringbulu Kab. Gowa

Sahrul Mami (Universitas Megarezky)
Suhardianto (Universitas Megarezky)
Kurnia Rusli (Universitas Megarezky)
Aminuddin Aminuddin (Universitas Megarezky)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan minat belajar siswa pada pembelajaran PJOK terhadap hasil belajar PJOK Siswa SMPN 5 Satap Biringbulu. Penelitian ini penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh siswa SMPN 5 satap Biringbulu terdiri dari 25 siswa diperoleh dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan nilai hasil belajar dengan bantuan SPSS 22 for Windows. Berdasarkan analisis deskriptif nilai rata-rata minat belajar PJOK adalah 93,88 sehingga minat belajar siswa pada pembelajaran PJOK kategori baik, nilai rata-rata hasil belajar 80,44 berada pada kategori sangat baik. Uji normalitas minat belajar ,0,013 . Hasil belajar ,0,147 dengan kriteria normalitas data bahwa nilai signifikansi > α dengan taraf = 0,05 maka variabel minat belajar PJOK berdistribusi tidak normal dan variabel hasil belajar berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas adalah 2,251 > 0,005. (homogen), Uji hipotesis nilai R square 0,051 > 0.005. Terdapat hubungan minat belajar siswa pada pembelajaran PJOK ada Hubungan terhadap hasil belajar PJOK Siswa SMPN 5 Satap Biringbulu Kabupaten Gowa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijophya

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Physical Activity (IJOPHYA) is a national scientific journals are open to seeking innovation, creativity and novelty. The aim of the journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of ...