Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jumlah tarikan kendaraan pada Terminal Daya di Kota Makassar serta menganalisis ketersediaan lahan parkir di terminal tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat variabel yang mempengaruhi jumlah tarikan kendaraan pada Terminal Daya. Variabel pertama adalah aksesibilitas, dengan koefisien pengaruh sebesar 0,162 atau 16,2%. Variabel kedua adalah fungsi layout, dengan koefisien pengaruh sebesar 0,182 atau 18,1%. Variabel ketiga adalah manajemen operasional, dengan koefisien pengaruh sebesar 0,330 atau 33%. Variabel terakhir adalah fasilitas terminal, dengan koefisien pengaruh sebesar 0,41 atau 41%. Dengan demikian, keempat variabel ini memiliki pengaruh signifikan terhadap jumlah tarikan kendaraan di Terminal Daya di Kota Makassar. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis ketersediaan lahan parkir di Terminal Daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga jenis parkir, yaitu angkutan kendaraan antar propinsi (AKAP), angkutan kendaraan dalam propinsi (AKDP), dan angkutan kendaraan non-bus, masih memenuhi kebutuhan ketersediaan parkir yang ada di terminal tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023