Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kenyataan bahwa kurangnya pemanfaatan teknologi terhadap pembuatan bahan ajar di sekolah. Alasannya karena kekurangan waktu dan guru belum memiliki kemampuan untuk merancang bahan ajar menggunakan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul menggunakan canva pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. E-modul yang telah dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari ahli materi, bahasa dan media. Praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan peserta didik. Uji efektivitas dilakukan dengan memberikan soal pre test dan post test kepada peserta didik. Hasil penelitian ini memperoleh e-modul yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2023