Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Analisis Kemampuan Literasi Sains Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara

Harteti Jasin (Universitas Negeri Gorontalo)
Masrid Pikoli (Universitas Negeri Gorontalo)
Yanti Fitria (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis kemampuan literasi Sains Guru Sekolah Dasar se kecamatan Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara. Jenis penelitian deskriptif dilakukan pada guru Sekolah Dasar di kecamatan Ponelo Kepulauan kabupaten Gorontalo Utara. Berdasarkan hasil penelitian analisis kemampuan literasi Sains Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara diperoleh bahwa terdapat literasi sains guru rata-rata keseluruhan mencapai 71,12% dengan kategori tinggi. Perolehan tersebut berdasarkan atas aspek konten terdapat 74,04% dengan kategori sangat tinggi, aspek pengetahuan dan konten sebesar 69,1%, dengan kategori tinggi, aspek proses sains dan kompetensi sebesar 76,5% dengan kategori sangat tinggi, dan sikap sains sebesar 73,1% dengan kategori san rendah. Dari keseluruhan kategori yang ada maka guru sekolah Dasar di kecamatan Ponelo Kepulauan paling tinggi adalah pada aspek proses sains dan kompetensi sedangkan paling rendah adalah pada aspek sikap sains.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...