Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh “Clustering Technique” terhadap kemampuan menulis teks recount. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa S1 UHKBNPP semester 3 yang berjumlah 80 mahasiswa. Peneliti menggunakan teknik kuantitatif dalam penelitian ini, memilih dua kelas, satu sebagai kelas eksperimen dan satu lagi sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen akan diberi perlakuan "Teknik Pengelompokan", sedangkan kelompok kontrol tidak akan diberikan apa-apa. Instrumen penelitian berupa dua buah tes berbentuk esai. Selama tahap pengumpulan data, tiga fase harus diselesaikan: pre-test, treatment, dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 83,03 sedangkan pada kelas kontrol adalah 78,53. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan “Teknik Pengelompokan” dalam kemampuan menulis teks recount mahasiswa S1 semester 3 di UHBNPP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023