Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross-Border Islamic Studies)
Vol. 5 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023

Penerepan Pembelajaran Aktif Teknik Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Materi Globalisasi

Ainun Jariyah (MTsN 12 Jombang)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Motivasi belajar Peserta Didik pada mata pelajaran IPS kelas IX D di MTs Negeri 12 Jombang masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran aktif teknik Everyone Is a Teacher Here untuk meningkatkan motivasi belajar Peserta Didik pada mata pelajaran IPS kelas IX D MTs Negeri 12 Jombang dan untuk mengetahui kendala- kendala dalam penerapan pembelajaran aktif teknik Everyone Is a Teacher Here. Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian berlangsung selama 3 siklus. Sumber data dari penelitian ini Peserta Didik kelas IXD MTs Negeri 12 Jombang. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik triangulasi metode. Penelitian menggunakan analisis data analisis analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran aktif teknik Everyone Is a Teacher Here ditambah dengan kompetisi berkelompok, pujian, dan pemberian hadiah dapat meningkatkan motivasi belajar IPS Peserta Didik kelas IXD di MTs Negeri 12 Jombang. Hal tersebut terlihat dari peningkatan motivasi berdasarkan basil angket yang diberikan. Pada siklus I rata-rata motivasi kelas Peserta Didik mencapai 64,2% atau meningkat 3,8% dari angket sebelum tindakan. Pada siklus II rata-rata motivasi belajar kelas mengalami peningkatan 7,9% sehingga mencapai 72,1%. Pada siklus III rata-rata motivasi kelas adalah 78,3% atau mengalami peningkatan sebesar 6,2%. Dengan demikian, penerapan pembelajaran aktif teknik Everyone Is a Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar Peserta Didik pada mata pelajaran IPS kelas IXD MTs Negeri 12 Jombang Adapun kendala dalam penerapan pembelajaran aktif teknik Everyone Is a Teacher Here adalah membutubkan waktu pembelajaran yang lama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CBJIS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Studi Islam Lintas Negara, merupakan jurnal yang mengangkat tema-tema tentang berbagai isu yang menyangkut umat Islam di dunia internasional. Baik secara sosial, budaya, pendidikan, ekonomi, maupun politik. Jurnal yang terbit enam bulan sekali ini di kelola oleh Pascasarjana Institut Agama ...