Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial
Vol 4, No 2 (2023): Implementasi Desain sebagai Strategi Pendorong Inovasi Sosial

Pemanfaatan Konten Instagram untuk Membangun Customer Engagement dalam UMKM Indonesia

Cindy Cecilia Kim (Universitas Ciputra)



Article Info

Publish Date
29 May 2023

Abstract

Saat ini, Instagram telah menjadi media penting bagi bisnis untuk membangun koneksi dengan pelanggan. Namun, lingkungan Instagram yang semakin ramai membuat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia kesulitan untuk menonjol dan mendapatkan customer engagement (keterlibatan pelanggan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari strategi yang tepat dalam memanfaatkan Instagram untuk bisnis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif melalui wawancara dengan pemilik UMKM, survei pada pengguna Instagram yang aktif dan pernah terekspos konten Instagram dari UMKM, serta studi literatur. Sebanyak 65 pengguna Instagram berpartisipasi dalam survei. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi UMKM Indonesia dalam menggunakan Instagram umumnya disebabkan oleh kurangnya sumber daya dan pengetahuan praktis UMKM pada area ini. Juga ditemukan bahwa konten yang bernilai serta visual yang kompleks dan kaya memiliki efek yang kuat dalam menginisiasi customer engagement bagi UMKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSDIS

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Journal of Design Strategy and Social Innovation is a peer reviewed journal that discusses cutting edge design advancement, strategically and innovatively, in specific areas that drive social change in society. On a greater scale, the journal aims to produce design knowledge that is empowering, ...