abstrak— Proses pembelajaran merupakan inti utama dalam mencapai pendidikan yang maksimal bagi peserta didik. Dengan demikian pembelajaran harus terwujud dengan semestinya sesuai pada targetnya.Tujuan dalam penulisan artikel ini adalah untuk mengevaluasi metode ceramah yang diterapkan oleh seorang guru bagi peserta didik melalui materi pembelajaran dan untuk memberi ide dan gagasan bagi para pendidik dalam melaksanakan metode ceramah yang penuh kreatif sehingga mampu mengatasi masalah-masalah yang dialami oleh para peserta didik didalam proses pembelajaran. seperti suasana yang membosankan, mengantuk dan sulit menyimak penjelasan materi dari seorang guru yang terus menerus aktif dalam pemaparan. Adapun metode yang digunakan penulis dalam artikel ini adalah metode deksriptif kualitiatif dengan pendekatan pada data pustaka yang bersumber dari jurnal, buku, website, dan lainya. Hasil dari tulisan ini adalah para pendidik mampu melakukan evaluasi diagnostik bagi peserta didik dan memiliki upaya dalam meningkatkan metode ceramah, sehingga melalui metode ini peserta didik dapat lebih aktif lagi dan mencapai kemaksimalan belajar. Kata kunci— Guru, Peserta didik, Evaluasi, Metode ceramah Abstract— The learning process is the main core in achieving maximum education for students. Thus learning must be realized properly according to its target. The purpose in writing this article is to evaluate the lecture method applied by a teacher for students through learning materials and to provide ideas and ideas for educators in implementing a creative lecture method so that they are able to overcome the problems experienced by students in the learning process. such as a boring, sleepy atmosphere and difficulty listening to material explanations from a teacher who is continuously active in the presentation. The method used by the author in this article is a qualitative descriptive method with an approach to library data sourced from journals, books, websites, and others. The result of this paper is that educators are able to carry out diagnostic evaluations for students and have efforts to improve the lecture method, so that through this method students can be more active and achieve maximum learning. Keywords— Teachers, Students, Evaluation, Lecture method
Copyrights © 2023