Journal Sport Science, Healt and Tourism of Mandalika (Jontak)
Vol. 2 No. 2 (2021)

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-1 MTSN 17 JAKARTA DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI POLA BILANGAN DI MASA PANDEMI

Oemaryati, Untari Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2021

Abstract

Matematika adalah suatu mata pelajaran yang sering di katakan sulit untuk diikuti pembelajarannya untuk hal itu maka penulis berusaha mencari sesuatu yang memenuhi pembelajaran matematika yang menarik,menyenangkan,membangkitkan dan dapat meningkatkan motivasi untuk selalu belajar terutama saat masa pandemi ini agar dapat memenuhi kualitas belajar dengan menemukan suatu media yang baik dan berkualitas, Media yang baik dan bisa ditemukan adalah media pembelajaran melalui vidiowalaupun dimungkinkan masih banyak kekurangan dan kelemahannya khususnya di masa pandemi covid 19 untuk siswa MTs N 17 Jakarta kelas VIII-1pada materi pola bilangan. Hasil penelitian di kelas VIII-1 MTs.N 17 menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara klasikal peserta didik belum tuntas belajar matematika.karena peserta didik memperoleh nilai ≥ 73 atau sebesar 68,97 % jauh lebih kecil dari prosentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu 75 % .Begitu juga dengan motivasi belajar matematika siswa yang di hasilkan peserta didik yang memiliki motivasi tinggi ada 12 (41%),motivasi sedang 10 (35 %) dan motivasi rendah 7 (24%).Nilai rata-rata test formatif 2 mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 84,83 ketuntasan belajar matematika yang tuntas 89,66% atau ada 26 dari 29 yang tuntas belajar matematika.Sedangkan yang belum tuntas sebesar 10,34%.Dan yang memiliki motivasi tinggi ada 22 peserta didik (76%) motivasi sedang 5 peserta didik (17%)dan motivasi rendah 2 peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan vidio dapat meningkatkan motivasi belajar matematika.Dilihat dari adanya hasil yang naik pada siklus 1 (68,97%) dan pada siklus II (89,66%).Demikian pula pada ketuntasan belajar peserta didik telah tercapai secara signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jontak

Publisher

Subject

Education Medicine & Pharmacology Public Health

Description

This journal focuses on the fields of sports, health and tourism. The journal is published twice a year in Mei and November.This journal focuses on the fields of sports, health and tourism. The journal is published twice a year in Mei and ...