Euclid
Vol 10, No 1 (2023)

PERBEDAAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD

Sekar Sari Suryaningrum (Universitas Kristen Satya Wacana)
Adi Winanto (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Pembelajaran matematika dikategorikan pelajaran yang sulit dipelajari dan dipahami siswa. Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe Jigsaw pada matematika materi pecahan IV SD. Model pembelajaran kooperatif STAD dan tipe Jigsaw sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika materi pecahan kelas IV SD sebagai variabel terikat. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri 2 Ngadirejo yang masing-masing berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui proses pelaksanaan dan kesesuaian pembelajaran yang telah direncanakan, sedangkan tes digunakan sebagai alat ukur mengenai hasil belajar siswa. Jenis tes yang digunakan yaitu tes sumatif dari pretest dan posttest. Analisis data hasil belajar menggunakan uji T dengan bantuan SPSS 25 for Windows menunjukkan bahwa equal variances assumed dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,019, dimana signifikansi < 0,05, bearti terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada materi pecahan kelas IV SD antara model pembelajaran kooperatif STAD dan tipe Jigsaw.Kata Kunci. STAD dan Jigsaw, Hasil Belajar, Matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...