Studi ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen Indomaret Tanete terhadap pengembalian dana dalam bentuk donasi, serta untuk memeriksa kepatuhan Indomaret terhadap etika bisnis Islam dalam pengembalian uang dalam bentuk donasi. Metode campuran digunakan dalam penelitian ini, yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif dalam satu studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer yang tidak puas dengan pengembalian dana dalam bentuk donasi merasa bahwa tindakan Indomaret melanggar prinsip-prinsip syariat Islam karena tidak memberikan informasi yang memadai tentang tempat penyaluran donasi, hanya menganjurkan customer untuk mendonasikan dana tersebut. Karyawan Indomaret belum menerapkan sikap adil dan sikap jujur terhadap konsumennya karena tidak terdapat kejelasan dan tidak transparansi dalam pengalihan kembalian dalam bentuk donasi. Dalam hal penerapan sikap kebebasan konsumen memiliki hak atas menerima dan menolak transaksi dalam bentuk donasi di Indomaret. Begitupun dengan sikap tanggung jawab karyawan Indomaret belum menerapkan sikap bertanggungjawab karena tidak adanya bukti struk dan poster tentang penjelasan penyaluran dana donasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023