Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku donor darah pada peserta didik kelas XII di Pondok Pesantren Condong Tasikmalaya.Metode: Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi, dan analisis bivariat menggunakan uji-T.Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan, pengetahuan donor darah peserta didik kelas XII di Pondok Pesantren Condong Tasikmalaya 2022 termasuk kategori cukup, sikap donor darah peserta didik kelas XII di Pondok Pesantren Condong Tasikmalaya 2022.Kesimpulan: Dengan demikian hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran atau aplikasi manusia yang terbaik adalah manusia yang memberi manfaat bagi manusia yang lainnya serta tenaga kesehatan agar lebih pro aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya mendonor darah bagi kesehatan, melalui penyuluhan, penyebaran brosur, dan multi media lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023