Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengembangan iklim sekolah melalui penerapan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Piani Kecamatan Tapin Kabupaten Tapin Jenis penelitian ini fenomenologi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMPN 1 Piani Kecamatan Tapin Kabupaten Tapin . Metode pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen dengan partisipan utama kepala sekolah sedang partisipan lain yaitu guru dan peserta didik. Analisa data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini berupa deskripsi pengembangan iklim untuk pembentukan karakter peserta didik sekolahd dasar. Pengembangan iklin sekolah dilakukan melalui penyelenggarakan berbagai kegiatan-kegiatan yang mendukung pembentukan karakter peserta didik. Kegiatan upacara bendera setiap hari senin, upacara peringatan- peringatan hari besar nasional, lomba-lomba peringatan hari kemerdekaan, dan menyanyikan lagu wajib nasional dipagi hari diselenggarakan untuk pembentukan karakter nasionalis; kegiatan sholat dhuha dan sholat dhuhur secara berjamaah, Tadarus Al-Qur’an, Pembacaan Syair Maulid Habsy, dan pendalaman al-kitab, perayaan hari besar Islam, untuk umat atau agama lain tidak dirayakan karena terlalu sedikit, serta kegiatan dompet kemanusiaan untuk pembentukan karakter religiusitas; kegiatan perkemahan, pengadaan perpustakaan, sudut baca, mading baca, kantin sehat untuk pembentukan karakter mandiri; kegiatan pembiasaan 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, Santun), kantin kejujuran, pentas seni, dan mengikutkan lomba-lomba akademik serta non akademik untuk pembentukan karakter integritas; dan kegiatan kerja bakti rutin dan perawatan taman-taman sekolah untuk pembentukan karakter gotong royong.
Copyrights © 2022