Dalam kurikulum 2013 kemampuan untuk berpikir kreatif penting sehingga perlu dimiliki oleh setiap siswa. Akan tetapi proses pembelajaran IPA untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif di SMP belum dilaksanakan secara optimal. Oleh karena itu, siswa harus difasilitasi dengan alat penunjang seperti media pembelajaran e-majisains. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat validasi dari media pembelajaran e-majisains yang sudah dibuat. Metode pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan adaptasi berdasarkan model 4-D. Pada model ini terdiri atas 4 tahapan yaitu define, design, develop, disseminate. Tetapi, penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap develop khususnya pada tingkat validasi ahli. Untuk mengukur tingkat kevalidan produk digunakan lembar angket validasi ahli yang dinilai oleh masing-masing dua orang ahli materi, media dan praktisi. Hasil keseluruhan pada penelitian memperolah nilai 84,41% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan rekapitulasi validasi yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-majisains pada pembelajaran IPA tema pengelolaan si hijau dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP.
Copyrights © 2023