ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMAN 2
Pujut 2) Perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi
belajar kimia pada siswa yang mempunyai motivasi tinggi kelas XI SMAN 2 Pujut. 3)
Perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar
kimia pada siswa yang mempunyai motivasi rendah kelas XI SMAN 2 Pujut. 4). Interaksi
antara model pembelajaran dengan motivasi terhadap prestasi belajar kimia siswa pada
materi sistem koloid siswa kelas XI SMAN 2 Pujut. Penelitian eksperimen ini
menggunakan desain faktorial 2 x 2. Populasi keseluruhan sebanyak 71 orang yang terbagi
dalam dua kelas yang diambil secara simple random sampling. Instrumen dalam penelitian
ini adalah tes dan angket. Uji hipotesis menggunakan anova dua jalur. Berdasarkan analisis
pada taraf signifikan 5% disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar kimia siswa yang diajar
dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih rendah pada siswa kelas XI IPA
SMAN 2 Pujut tahun pelajaran 2012/2013 (thitung = 2,55 > ttabel = 1,98). 2) Hasil belajar
kimia siswa yang mempunyai motivasi belajar kimia tinggi yang diajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih rendah pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Pujut
tahun pelajaran 2012/2013 (thitung = 9,90 > ttabel = 1,98). 3). Hasil belajar kimia siswa yang
mempunyai motivasi belajar kimia rendah yang diajar dengan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT lebih tinggi pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Pujut tahun pelajaran
2012/2013 (thitung = 3,10 > ttabel = 1,98). 4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan
motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi Sistem Koloid pada siswa
kelas XI IPA SMAN 2 Pujut tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci : Model pembelajaran, TGT, motivasi berprestasi
ABSTRACT: This study aims to determine: 1) variability in the effect of cooperative
learning model type TGT on learning achievement chemistry class XI student of SMAN 2
Pujut 2) variability in the effect model of cooperative TGT pembelajaran toward chemistry
learning achievement in students who have high motivation XI of SMAN 2 pujut. 3) Differences
influence TGT cooperative learning model the learning achievement of students
who have a chemical in the low motivation of class XI of SMAN 2 Pujut. 4). Interaction
between the model of learning with motivation on learning achievement of students on the
material chemistry student colloidal systems kelas XI SMAN 2 Pujut . class XI of SMAN 2
Pujut. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain faktorial 2 This experimental study
uses a factorial design 2 x 2. Population total as many as 71 people were divided into two
classes taken by simple random rampling . In this study is instrumen in tests and questionnaires.
Hypothesis testing using ANOVA two lanes. Based on the analysis of p there is a
significant level of 5% was concluded that: 1) The results of studying chemistry students
taught with cooperative learning model TGT lower in class XI Science SMAN 2 Pujut
school year 2012/2013 (t count > t table = 2.55 = 1, 98). 2) The results of studying chemistry
students who have studied chemistry m high otivasi taught by cooperative learning model
TGT lower on students class XI Science SMAN 2 Pujut school year 2012/2013 (thit = 9.90 t
> table = 1, 98). 3). Chemistry learning outcomes of students who have studied chemistry
lower motivation taught by cooperative learning model TGT higher on students of class XI
Science SMAN 2 Pujut school year 2012/2013 thitt = 3.10 > t table = 1.98). 4) There is an
interaction between learning model with m otivasi learning on learning outcomes of students
in materials chemistry Colloids system in class XI Science SMAN 2 Pujut school
year 2012/2013.
Keywords: models of learning, TGT, achievement motivation
Copyrights © 2014