JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Vol 21, No 2 (2014): Juni 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 2 PUJUT LOMBOK TENGAH

Sahnam, Sahnam ( Universitas Mataram)
Wildan, Wildan ( Universitas Mataram)
Erin, Erin Ryantin Gunawan ( Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMAN 2 Pujut 2) Perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar kimia pada siswa yang mempunyai motivasi tinggi kelas XI SMAN 2 Pujut. 3) Perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar kimia pada siswa yang mempunyai motivasi rendah kelas XI SMAN 2 Pujut. 4). Interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi terhadap prestasi belajar kimia siswa pada materi sistem koloid siswa kelas XI SMAN 2 Pujut. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Populasi keseluruhan sebanyak 71 orang yang terbagi dalam dua kelas yang diambil secara simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Uji hipotesis menggunakan anova dua jalur. Berdasarkan analisis pada taraf signifikan 5% disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih rendah pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Pujut tahun pelajaran 2012/2013 (thitung = 2,55 > ttabel = 1,98). 2) Hasil belajar kimia siswa yang mempunyai motivasi belajar kimia tinggi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih rendah pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Pujut tahun pelajaran 2012/2013 (thitung = 9,90 > ttabel = 1,98). 3). Hasil belajar kimia siswa yang mempunyai motivasi belajar kimia rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Pujut tahun pelajaran 2012/2013 (thitung = 3,10 > ttabel = 1,98). 4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi Sistem Koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Pujut tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci : Model pembelajaran, TGT, motivasi berprestasi ABSTRACT: This study aims to determine: 1) variability in the effect of cooperative learning model type TGT on learning achievement chemistry class XI student of SMAN 2 Pujut 2) variability in the effect model of cooperative TGT pembelajaran toward chemistry learning achievement in students who have high motivation XI of SMAN 2 pujut. 3) Differences influence TGT cooperative learning model the learning achievement of students who have a chemical in the low motivation of class XI of SMAN 2 Pujut. 4). Interaction between the model of learning with motivation on learning achievement of students on the material chemistry student colloidal systems kelas XI SMAN 2 Pujut . class XI of SMAN 2 Pujut. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain faktorial 2 This experimental study uses a factorial design 2 x 2. Population total as many as 71 people were divided into two classes taken by simple random rampling . In this study is instrumen in tests and questionnaires. Hypothesis testing using ANOVA two lanes. Based on the analysis of p there is a significant level of 5% was concluded that: 1) The results of studying chemistry students taught with cooperative learning model TGT lower in class XI Science SMAN 2 Pujut school year 2012/2013 (t count > t table = 2.55 = 1, 98). 2) The results of studying chemistry students who have studied chemistry m high otivasi taught by cooperative learning model TGT lower on students class XI Science SMAN 2 Pujut school year 2012/2013 (thit = 9.90 t > table = 1, 98). 3). Chemistry learning outcomes of students who have studied chemistry lower motivation taught by cooperative learning model TGT higher on students of class XI Science SMAN 2 Pujut school year 2012/2013 thitt = 3.10 > t table = 1.98). 4) There is an interaction between learning model with m otivasi learning on learning outcomes of students in materials chemistry Colloids system in class XI Science SMAN 2 Pujut school year 2012/2013. Keywords: models of learning, TGT, achievement motivation

Copyrights © 2014