Islamika Granada
Vol 3, No 3 (2023): ISLAMIKA GRANADA MEI

Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa-Siswi SMP Negeri 9 Binjai

Nikita Maulidiana (Universitas Medan Area)
Istiana Istiana (Universitas Medan Area)
Nini Sri Wahyuni (Universitas Medan Area)



Article Info

Publish Date
26 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh otoriter dengan kecerdasan emosional pada siswa- siswa SMP Negeri 9 Binjai. Sampel penelitian ini adalah 64 orang siswa- siswi SMP Negeri 9 Binjai yang mendapatkan pola asuh otoriter berdasarkan hasil tes screening, adapun teknik yang digunakan untuk mendapatkan sample dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan skala pola asuh otoriter dan skala kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rxy = -0,648 dengan nilai signifikansi p = 0,000 berarti p 0,05 artinya ada hubungan negatif antara pola asuh otoriter dengan kecerdasan emosional. Adapun sumbangan efektif dari pola asuh otoriter mempengaruhi kecerdasan emosional sebesar 42%. Berdasarkan perbandingan kedua nilai rata-rata (hipotetik dan empirik), maka dapat dinyatakan pola asuh otoriter tergolong sedang sebab nilai rata-rata hipotetik 100 dari nilai rata- rata empirik 106,41 dan kecerdasan emosional juga tergolong rendah sebab nilai rata- rata hipotetik 90 dari nilai rata-rata empirik 67,70.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IG

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Islamika Granada adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian studi islam. Fokus dan ruang lingkup jurnal meliputi seluruh kajian keislaman. Meliputi hukum islam, ekonomi islam, pendidikan islam, kesehatan islam, komunikasi islam, psikologi islam, perbandiangan ...