Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 12 No 2 (2022): DESEMBER

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 18 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Fandi H Binggo (Universitas Muhammadiyah Gorontalo)
Karman Agus (Universitas Muhammadiyah Gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu media Pop Up Book untuk meningkatkanhasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS materi Interaksi Manusia dikelas VSDN 18 Limboto. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengansubjek penelitian yaitu peserta didik kelas V yang berjumlah 34 peserta didik. Penelitianini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas V pada saat observasi awal,dengan presentase 38,23% dari 34 peserta didik. Oleh karena itu peneliti tindakanmenggunakan media pembelajaran Pop Up Book. Dari hasil penelitian yang dilakukanpada hasil belajar peserta didik, terjadi peningkatan sebesar 64.70% dengan kategoricukup baik pada siklus I pertemuan ketiga. Sedangkan pada siklus II pertemuan ketigamengalami peningkatan hingga 94.11%. Berdasarkan peneltian yang dilakukan padasiklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Pop UpBook dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS peserta didik di kelas VSDN 18 Limboto Kabupaten Gorontalo, hal ini ditinjau dari meningkatnya hasil belajarpeserta didik dari 38,23% meningkat menjadi 94,11%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...