Meningkatkan kemampuan penyelenggaraan pertandingan olahraga mata kuliah gulat pada mahasiswa pendidikan jasmani semester 5 tahun 2022 dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek merupakan tujuan penelitian ini. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdapat 2 siklus, tiap siklus terdapat 2 pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sampel penelitian ini berjumlah 15 mahasiswa dan menggunakan Purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan, pada pra siklus belum menunjukkan kemampuan menyelenggarakan pertandingan olahraga sebesar 255 poin dengan persentase 21,25% dan masuk kategori kurang sekali, terjadinya peningkatan skor kemampuan menyelenggarakan pertandingan olahraga pada siklus I sebesar 691 poin dengan presentase 57,58% bergerak naik ke kategori cukup dan terus meningkat pada siklus II sebesar 1115 poin dengan persentase 92,91% dan terus merangkak naik ke dalam kategori Sangat Baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan penyelenggaraaan pertandingan olahraga gulat pada mahasiswa pendidikan jasmani, FKIP Universitas Tanjungpura dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran berbasis proyek terlihat dari presentase siklus II sebesar 92,91% dengan kategori Sangat Baik, ini berarti bahwa mahasiswa pendidikan jasmani telah mampu melaksanakan dan memahami serta dapat menjalankan fungsi serta tugas pada setiap anggota panitia penyelenggaraan pertandingan olahraga. Sehingga dalam penyelenggaraan terselesaikan tepat waktu, sesuai peraturan dan sistem pertandingan berjalan dengan lancar.
Copyrights © 2023