Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dribbling bola basket pada peserta didik kelas XI IPS-1 SMA Negeri 3 Jombang tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan pendekatan gamifikasi. Dalam hal ini penelitian memakai metode yang disebut Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/ACR) disini memiliki empat tahap yakni perencanaannya, pelaksanaannya, observasinya dan refleksinya di masing-masing siklusnya. Dalam hal ini penelitian dapat dirampungkan dengan waktu dua periode yang nantinya periode pertama sebagai pre test dan dilanjutkan dengan periode kedua yang disebut post test. Dapat dikatakan penelitian ini, peserta didik yang ada di kelas XI IPS 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Jombang tahun pelajaran 2022/2023 yang dimana diikuti dengan jumlah 32 peserta didik. Kabar di dalam yang akan dijelaskan pada penelitian ini diwadahi melalui jalur evaluasi keterampilan beserta keahlian didalam aktifitas bermain bola basket, observasi, beserta ujian tulis. Data yang tercatat mencakup kemampuan, pandangan, dan sikap yang dihasilkan dari pembelajaran bola basket. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan teknik persentase untuk mengidentifikasi tren pengajaran. berdasar analisis yang dilakukan dan pada analisis data dan pembahasan menyimpulkan bahwa Penerapan pendekatan permainan pada ranah fisik pendidikan dapat meningkat yaitu dalam siklus I sebesar 65.62% (21 peserta didik) dan pada siklus II sebesar 81.25% (26 peserta didik) pada prestasi akademik dribbling bola basket peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Jombang.Sesuai dengan apa yang dilakukan penelitian, didapat kesimpulan yakni perlakuan metode permainan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Jombang pada tahun ajaran 2022/2023.
Copyrights © 2023