Berdasarkan latar belakang tersebut, maka Rumusan Penelitian yang diajukan adalah: Apakah media modifikasi cone plastik berbentuk piring bisa meningkatkan efektivitas belajar Lempar Cakram di kelas III B SDN Sawunggaling VIII/389 Surabaya a) Media modifikasi cone plastik berbentuk piring b) Formasi pembelajaran yang variatif c) Penyediaan cakram yang memadai dari sekolah Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur atau langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam kegiatan yang berbentuk siklus penelitian, terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu, perencanaan, tindakan pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Ketiga rata-rata Ketuntasan Belajar untuk aspek Awalan mencapai 97,5% putra dan putri mencapai 75%, persentase pembelajaran awalan berkategori Sangat Efektif untuk putra dan efektif untuk putri. Rata-rata ketuntasan belajar untuk aspek cara Melempar mencapai 85% putra dan putri mencapai 70%, persentase pembelajaran cara melempar berkategori Sangat Efektif untuk putra dan Efektif untuk putri. Rata-rata Ketuntasan Belajar untuk aspek Sikap Akhir mencapai 85% putra dan putri mencapai 72,5%, persentase sikap akhir berkategori Sangat Efektif untuk putra dan Efektif untuk putri. Keempat, respon peserta didik mengacu pada Indikator Respon peserta didik, maka rata-rata tingkat respon peserta didik 85%, mempunyai kriteria Sangat Puas.
Copyrights © 2023