Abstrak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memiliki sikap untuk tidak melakukan plagiat. Kegiatan pengabdian ini terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan, dan refleksi kegiatan pelatihan. Tahap perencanaan meliputi penyusunan materi dan pengembangan perangkat pelatihan, serta melakukan analisis kebutuhan peserta. Tahap pelaksanaan kegiatan terdiri atas proses pemberian materi pelatihan terkait pentingnya memiliki sikap tidak melakukan plagiat. Tahap terakhir adalah refleksi kegiatan untuk mengidentifikasi kekurangan-kekurangan, ataupun kendala yang dihadapi oleh peserta dalam memahami materi pelatihan yang diberikan. Penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa memiliki pandangan yang berbeda tentang perilaku plagiarisme. Beberapa masalah yang disorot dalam penelitian ini terkait dengan perilaku plagiarisme, seperti kurangnya pelatihan dalam teknik penulisan yang tepat, ketidakjujuran akademik, kurangnya akses ke sumber daya perpustakaan, kurangnya kekaguman terhadap sesama penulis, dan sedikit atau tidak ada konsekuensi untuk kasus plagiarisme. Kata Kunci: Perilaku plagiarisme, Pendidikan Tinggi, teknik catatan reflektif.
Copyrights © 2023