Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian
Vol 8, No 2 (2023): Mei 2023

Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Usaha Kedai Kopi Di Kota Banda Aceh

Fadhillah Khairun Nisa (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala)
Monalisa Monalisa (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala)
Ira Manyamsari (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, Faktor atribut kepuasan, dan tingkat kepuasan konsumen terhadap usaha kedai kopi di Kota Banda Aceh. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan hasil wawancara dengan konsumen dan pemilik kedai kopi di lokasi penilitian dengan bantuan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance and Performance Analysis (IPA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik konsumen kedai kopi tersebut rata-rata orang yang berumur 20-29 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan dominan mahasiswa/I, Faktor yang mempengaruhi atribut kepuasan adalah kualitas Produk, Harga, Pramusaji, Proses, Tempat, Bukti Fisik dan Promosi. Hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) yang diperoleh yaitu sebesar 81% yang menyatakan bahwa konsumen merasa sangat puas. Analysis Of Consumer Satisfaction Level In Coffee Shop Business In Banda Aceh City Abstract. This study aims to determine consumer characteristics, satisfaction attribute factors, and the level of consumer satisfaction with the coffee shop business in Banda Aceh City. The type of data used in this study is primary data obtained from observations and interviews with consumers and coffee shop owners at the research location with the help of a questionnaire. The analytical method used in this study is the Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance and Performance Analysis (IPA). The results of this study indicate that the characteristics of the coffee shop consumers are, on average, people aged 20-29 years, male and predominantly college students. Factors that influence satisfaction attributes are product quality, price, waiter, process, place, Physical Evidence and Promotion. The results of the Customer Satisfaction Index (CSI) analysis obtained were 81% which stated that consumers were very satisfied.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JFP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian (JIMFP) diterbitkan oleh Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala. Merupakan media jurnal elektronik sebagai wadah untuk penyebaran dan publikasi hasil penelitian dari skripsi/tugas akhir dan atau sebagian dari skripsi/tugas akhir mahasiswa strata satu (S1) ...