JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 2, No 1 (2018): EDISI MARET

Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Reny Wahyuni (STKIP PGRI Lubuklinggau)
Efuansyah Efuansyah (STKIP PGRI Lubuklinggau)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2018

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, perbedaan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran MMP dikombinasi dengan strategi TTW. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Xaverius Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen yang digunakan adalah True Experimental Design. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui peningkatan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 31,07 dan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 89,53%. Sedangkan peningkatan skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 15,19 sudah berada di kategori baik dengan persentase sebesar 69,90%. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas data diperoleh kesimpulan pada uji-t’ yaitu H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan skor kemampuan berpikir kritis dengan skor kemampuan pemecahan masalah menggunakan Model Missouri Mathematics Project dikombinasi dengan Strategi Think Talk Write.Kata Kunci : Missouri Mathematics Project (MMP), Strategi Think Talk Write (TTW), Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...