JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 2 (2022)

Analisis Pengetahuan Konseptual dan Prosedural Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Bilangan Rasional

Rita Novita (Universitas Pendidikan Indonesia-UPI Universitas Bina Bangsa Getsempena-UBBG PUI-PT PUSBANGDDRINDO, Bandung, Indonesia)
Tatang Herman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Didi Suryadi (Universitas Pendidikan Indonesia PUI-PT PUSBANGDDRINDO, Bandung, Indonesia)
Dadan Dasari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mulia Putra (Universitas Bina Bangsa Getsempena)
Rahmat Fitra (Universitas Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman bilangan rasional mahasiswa calon guru sekolah dasar yang berkaitan dengan pengetahuan procedural dan konseptual. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini melibatkan 102 mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar tahun kedua pada dua perguruan tinggi swasta di Aceh, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakna tes tertulis yang berkaitan dengan bilangan rasional. Analisis data dilakukan secara deskripstif dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan mahasiswa calon guru sekolah dasar baik pengetahuan procedural dan konseptual pada bilangan rasional masih sangat terbatas. Secara kategorisasi, pengetahuan procedural mahasiswa tergolong dalam level moderate (70,05%) sedangkan pengetahuan konseptual (50,36%) masih berada pada level rendah. Berbagai bentuk miskonsepsi dan kesulitan (epistemological obstacles) masih dialami oleh mahasiswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan kedua pengetahuan ini. Interpretasi bilangan rasional dalam representasi pecahan dan decimal perlu menjadi focus dalam ruang kuliah matematika pada program Pendidikan guru sekolah dasar. Selain itu, penelitian ini juga mendukung penguatan pengetahuan konseptual melebihi pengetahuan procedural ditekankan pada mahasiswa calon guru sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...