Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering
Vol 2 No 1 (2022): JUNI 2022

Analisis Centrality Aktor pada Penyebaran Informasi Kuliner di Media Sosial dengan menggunakan Social Network Analysis

Ariyanti, Yunila Dwi Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Media sosial menjadi salah satu media yang sangat berperan dalam meningkatkan promosi suatu usaha. Peran media sosial sangat membantu terutama pada saat masa pandemi covid-19 dan masa normal baru seperti sekarang ini. Melalui salah satu media sosial Twitter jenis usaha dapat dipromosikan melalui para aktor yang berperan dalam jaringan percakapan tersebut. Analisis centrality aktor bertujuan untuk melihat seberapa besar aktor tersebut berpengaruh dalam sebuah jaringan komunikasi yaitu terdiri dari Degree Centrality, Closeness Centrality, Betweenness Centrality, dan Eigenvector Centrality. Metode yang digunakan adalah Sosial Network Analysis (SNA) dengan menggunakan kata kunci kuliner yang didapatkan dengan crawling data melalui Netlytic dan divisualisasikan menggunakan software Gephi. Hasil penelitian menunjukan centrality aktor yang paling besar adalah akun dengan nama yanguning2 dengan nilai In-Degree 57 Out-Degree 5 dan Degree 52. Betweenness Centrality 0,000066 Closeness Centrality dan Eigenvector Centrality 1.00. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa aktor yanguning2 memiliki jaringan komunikasi yang luas dan mempunyai pengaruh yang besar dalam pola komunikasi pada struktur jaringan terkait kata kunci kuliner tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsite

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

System Engineering, Information Technology, Electronics Enginering, Electrical Engineering, Mechatronics, Automation, Educational Digital Media, Artificial Intelligence, and ...