Rendahnya hasil belajar peserta didik bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor internal seperti kemampuan dasar akademik dan minat belajar mahasiswa. Faktor eksternal mahasiswa seperti metode pembelajaran yang digunakan oleh dosen di dalam pembelajaran. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kelemahan serta mempunyai daya cocok yang berbeda bagi siswa. Ada kalanya seorang siswa lebih mudah menerima keterangan yang diberikan oleh kawan sebangku atau kawan-kawan dari kelompoknya sendiri. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran Peer Assisted Learning Strategies. Tujuan Penelitian. Mengetahui pengaruh metode pembelajaran Peer Assisted Learning Strategies terhadap keterampilan pengisian partograf pada mahasiswa Akbid Graha Mandiri Cilacap. Metode Penelitian. Jenis penelitian ini menggunakan desain desain penelitian pre-experimental dengan pretest-posttest design. Sampel penelitian sebanyak 30 mahasiswa dari populasi penelitian yaitu 48 mahasiswa Akbid Graha Mandiri Cilacap. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Hasil Penelitian. Berdasarkan pengujian menggunakan rumus paired t-test didapatkan hasil p<0,05 (p=0,001) yang berarti penggunaan metode pembelajaran Peer Assisted Learning Strategies dapat meningkatkan keterampilan pengisian partograf pada mahasiswa Akbid Graha Mandiri Cilacap. Kesimpulan. Penggunaan metode pembelajaran Peer Assisted Learning Strategies dapat meningkatkan keterampilan pengisian partograf pada mahasiswa Akbid Graha Mandiri Cilacap.
Copyrights © 2021