Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal kalkulus integral. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 39 orang mahasiswa kelas B program studi pendidikan matematika Universitas Sanata Dharma. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Secara keseluruhan telah terjadi nol (0%) kesalahan jenis kesalahan membaca soal (reading error), 6 (3.87%) kesalahan jenis kesalahan memahami soal (comprehension error), 13 (8.39%) kesalahan jenis kesalahan transformasi (transformation error), 136 (87.74%) kesalahan jenis kesalahan kesalahan dalam keterampilan proses (process skills error) dan nol (0%) kesalahan kesalahan penulisan (encoding error). Faktor-faktor yang memicu timbulnya kesalahan adalah pengetahuan awal tidak cukup karena belum mengerti atau lupa, materi kalkulus integral belum dipahami dengan baik dan ceroboh/tidak teliti.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023