Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap kemampuan menulisdeskripsi siswa kelas V SDIT Cendekia Purwakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDIT Cendekia Purwakarta yang berjumlah96 orang siswa. Dengan mengambil sample 18% dari anggota populasi maka dapat didapat sample berjumlah23 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui teknik test kemampuan menulis deskripsi, tes yang diberikanadalah pre-test dan post-test. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan Uji-t. Hasil daripenelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan media videoanimasi dengan yang tidak menggunakan video animasi. Skor rata-rata kemampuan menulis deskripsi siswapada saat pretest sebesar 69,29 % sedangkan pada post test skor rata-rata naik menjadi sebesar 81,38 %. Darihasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media video tayangan si bolan terhadapkemampuan menulis deskripsi siswa
Copyrights © 2023