Buana Ilmu
Vol 7 No 2 (2023): Buana Ilmu

Studi Kuantitatif Kemampuan Menulis Deskripsi Siwa Sekolah Dasar Berbantuan Media Video Animasi

Ihsan Rizali (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Anggy Giri Prawiyogi (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap kemampuan menulisdeskripsi siswa kelas V SDIT Cendekia Purwakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDIT Cendekia Purwakarta yang berjumlah96 orang siswa. Dengan mengambil sample 18% dari anggota populasi maka dapat didapat sample berjumlah23 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui teknik test kemampuan menulis deskripsi, tes yang diberikanadalah pre-test dan post-test. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan Uji-t. Hasil daripenelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan media videoanimasi dengan yang tidak menggunakan video animasi. Skor rata-rata kemampuan menulis deskripsi siswapada saat pretest sebesar 69,29 % sedangkan pada post test skor rata-rata naik menjadi sebesar 81,38 %. Darihasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media video tayangan si bolan terhadapkemampuan menulis deskripsi siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BuanaIlmu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Buana Ilmu menerbitkan penelitian, metodologi dan studi kasus tentang semua bidang ilmu secara umum. Naskah ilmiah dalam jurnal ini mengandung data dan informasi yang memajukan ilmu pengetahuan secara umum dan penelitian yang nyata. ...