Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengenai “Penerapan Metode Debat Aktif dalamPembelajaran Teks Debat terhadap Kreativitas Verbal Peserta Didik Kelas X”. Kemampuan berbahasadi kalangan peserta didik SMP dan SMA penting adanya. Berbicara di dalam praktik debat dapatdikategorikan sebagai proses kreatif yang memerlukan keluwesan dalam penyampaian ide ataugagasan. Kemampuan berbahasa seseorang dalam pelaksanaannya dapat dilihat dari kemampuannyamelihat hubungan atau makna kata pada kalimat serta mengonstruksi kalimat dengan efektif dandiungkapkan secara lisan. Sekaitan dengan hal tersebut kemampuan kreatif menggunakan bahasa lisanadalah dengan melakukan praktik debat. Penerapan praktik debat di dalam proses pembelajaran dapatmeningkatkan kreativitas verbal peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa berdasarkan hasiluji Mann Whitney pada tabel statistik, diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkantabel test statistic, perolehan nilai Asymp. Sig pada kelas eksperimen bernilai 0.000, sedangkan kelaskontrol 0.064. Karena 0.000 < 0,005 maka disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan hasil belajar(kreativitas verbal) peserta didik dalam pembelajaran teks debat sebelum dan sesudah diberikantreatment pada kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran debat aktif, dan karena 0.064 >0.05 maka tidak terdapat perbedaan hasil belajar (kreativitas verbal) peserta didik dalam pembelajaranteks debat sebelum dan sesudah diberikan treatment pada kelas kontrol menggunakan metodepembelajaran diskusi.
Copyrights © 2023