Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 11 No. 2 (2020): JURNAL GENTA MULIA

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI 101868 KIRI HILIR TANJUNG MORAWA

Nurmairina (FKIP Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Al-Washliyah Medan)
Nila Lestari (FKIP Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Al-Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui proses model pembelajaran kooperatif learning pada pembelajaran tematik kelas V SD negeri 101886 kiri hilir 2). Untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas V SD negeri 101886 kiri hilir. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah classroom action research dengan model tindakan kemmis &Taggart. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 30 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatka mina belajar siswa kelas V SD . Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh total kenaikan rata-rata saat observasi pada siklus I dan siklus II diperoleh kemampuan siswa dari 30 siswa diatas 75 %. Sehingga dapatlah disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif learning dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SD negeri 101886 Kiri Hilir.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...