Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan: 1) Untuk mengetahui kevalidan bahan ajar tematik berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong; 2) Untuk mengetahui keefektifan bahan ajar tematik berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong; dan 3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar tematik berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong. Penelitian ini merupan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D (Four D Model). Adapun langkah-langkah tahap pengembangan, yaitu tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Dissaminate). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ujong Tanjong, dengan jumlah siswa 20 orang. Dimana siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 10 orang. Objek penelitian ini adalah bahan ajar tematik berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi ahli, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengembangan ini adalah bahan ajar tematik berbasis kontekstual yang layak digunakan. Kelayakan bahan ajar yang dihasilkan dari validasi ahli desain, validasi ahli materi, dan validasi ahli bahasa dan layak digunakan sebagai bahan ajar. Respon siswa terhadap bahan ajar diperoleh pada uji coba lapangan yaitu sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 97 %. Minat belajar siswa terhadap bahan ajar ini diperoleh dengan skor persentase rata-rata sebesar 87,60%.
Copyrights © 2021