Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak
Vol 4, No 2 (2023): Volume 4 Nomor 2 Juni 2023

Implementasi Metode Extreme Programming untuk Sistem Pengajuan Tempat PKL Berbasis Web

Indita Pyatama Prabandanizwaransa (Universitas Teknokrat Indonesia)
Imam Ahmad (Universitas Teknokrat Indonesia)
Erliyan Redi Susanto (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Dalam mengelola pelaksanaan kegiatan PKL/magang, sekolah memerlukan sebuah sistem yang memberikan pelayanan yang baik kepada siswa maupun guru dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi informasi. Salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan pelayanan tersebut adalah dengan menerapkan sistem pengajuan pelaksanaan kegiatan PKL/magang berbasis web. Manfaat dari sistem pelaksanaan kegiatan PKL/magang berbasis web ini dapat digunakan di sekolah menengah kejuruan khususnya di SMK 2 MEI Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi khususnya pada pelaksanaan kegiatan PKL/magang di sekolah. Penelitian ini menggunakan extreme programming sebagai metode pengembangan sistem perangkat lunak dan menggunakan ISO 25010 untuk pengujiannya. Pengujian dilakukan oleh 6 responden yang terdiri dari dosen, guru dan siswa. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dihitung menghasilkan persentase 100% dalam hal fungsional, yang menunjukan bahwa sistem telah Sukses menurut fungsinya, serta dalam hal aspek kemudahan pengguna menghasilkan 96,83% yang menunjukan bahwa sistem telah Sangat Setuju.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

informatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering Library & Information Science

Description

Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), an Indonesian national journal, publishes high quality research papers in the broad field of Informatics and Computer Science, which encompasses software engineering, information system development, computer systems, computer network, ...