Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 6 No. 2 (2022)

Identifikasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Pendekatan Open-Ended Problem

Silvester Nusa (STKIP Weetebula)
Whilhelmina Kurnia Wandut (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian yang berjudul “Identifikasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Pendekatan Open-Ended Problem” ini didasarkan pada salah satu tuntutan kecakapan hidup manusia Abad 21 yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi meliputi kemampuan menganalisis, kemampuan mengevaluasi dan kemampuan menciptakan. Dalam konteks pendidikan, keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh peserta didik melalui proses pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru-guru yang memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Guru yang memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi akan mampu mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didiknya. Upaya mengidentifikasi keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa calon guru merupakan langkah yang sangat mendasar dalam merancang strategi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Agama Katolik STKIP Weetebula Tahun Ajaran 2020/2021. Masalah penelitian ini adalah bagaimana tingkat keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa calon guru. Teknik pengumpulan data adalah tes uraian dengan pendekatan open ended problem. Data dianalisis dengan cara memberikan kode dan skor untuk setiap jawaban yang diberikan mahasiswa berdasarkan rubrik penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagian besar mahasiswa berada pada kategori Kurang

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...