J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2023): J-PiMat

Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Terhadap Kemampuan Multi Representasi Siswa

Meilisa Qomariah (STKIP SINGKAWANG)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental. Populasi pada penelitian ini semua kelas IX di SMP Negeri 8 Singkawang yang berjumlah 120 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, kelas IXA sebagai kelas eksperimen dan IXB sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dengan menghitung skor rata-rata aktivitas  belajar dan skor minat belajar, kemudian di uji Independent Sample T-Test dan uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan: 1)  hasil  dan , itu artinya  maka terdapat perbedaan kemampuan multi representasi siswa antara kelas ekperimen dengan kelas kontrol, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC  terhadap kemampuan multi representasi siswa di kelas IXA pada materi tabung dan kerucut  2) Hasil perhitungan Effect Size = 1,65 dengan kriteria Sangat Besar yaitu 1,57. Ini berarti model pembelajaran CIRC berpengaruh sangat besar terhadap kemampuan multi representasi siswa, 3) aktivitas siswa dari dua kali pertemuan memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,25, maka aktivitas belajar siswa tergolong tinggi dengan menggunakan model pembelajaran CIRC, 4) jumlah skor angket minat siswa kelas eksperimen sebesar 1222 dengan rata-rata per siswa 47. Disimpulkan minat belajar siswa tergolong tinggi setelah diterapkannya model pembelajaran CIRC.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...