Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education
Vol 6, No 2 (2023)

Analisis Kebutuhan Model Pengembangan Kurikulum Program Studi PIAUD Berbasis Mutu

Husnul Bahri (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia)
Buyung Surahman (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia)
Evi Selva Nirwana (Mahasiswa Prodi PIAUD, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2023

Abstract

Kurikulum pasaca sarajana PAUD belum mencerminkan kepada kebutuhan pengguna sebagai outcome kurikulum itu sendiri, terbukti kurikulum mengutamakan teori, sedangkan pengguna membutuhkan tenaga yang memiliki keahlian/skil untuk menjadi tenaga professional PAUD, pengguna membutuhkan penguasaan manajemen, proses pembelajaran , dan menguasi sain perkembangan anak usia dini baik secara teori maupun praktik. karenanya memerlukan alokasi khusus dalam kurikulum PAUD, sehingga dibutuhkan model kurikulum yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna/alumni. Tujuan penelitian yaitu untuk: (1) mendiskripsikan kebutuhan kurikulum ditinjau dari input, proses, output, dan outcome; dan (2) Menyusun model kurikulum program studi PAUD pascasarjana berbasis Mutu. Jenis penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu ketua program studi pascasarjana PAUD UPI Bandung, Ketua program studi pascasarjana UIN Yogyakarta, dan ketua program pascasarjana UIN Bengkulu. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi/simpulan. Hasil penelitian berupa: (1) diskripsi kebutuhan kurikulum ditinjau dari input, proses, output, dan outcome ; dan (2) Model Kurikulum Program Studi PAUD Pascasarjana berbasis Mutu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alfitrah

Publisher

Subject

Education

Description

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) BengkuluJurnal ini berisi tentang pendidikan anak usia dini prespektif pendidikan islam. Jurnal ini telah memiliki ISSN : 2599-2287 (Print) dan ISSN : 2622-335X ...