Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penerapan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMK. Penelitian ini dilakukan dengan metode diskriptif kulitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi teknik pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru-guru pengampu mata pelajaran Projek IPAS SMK di Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Projek IPAS (Ilmu pengetahuan Alam dan Sosial) memiliki pemahaman pendekatan STEAM yang berpotensi untuk mendukung penerapan pendekatan STEAM pada pembelajaran Projek IPAS di SMK sebesar 76,85%. Kebiasaan guru dalam pembelajaran juga sudah mengintegrasikan indikator-indikator pendekatan STEAM sebesar 86,39%, sehingga guru sudah memiliki ketrampilan untuk menerapkan pendekatan STEAM pada pembelajaran Projek IPAS. Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan STEAM sebesar 49,31% sehingga tidak berpotensi menjadi penghambat penerapan pendekatan STEAM pada pembelajaran Projek IPAS di SMK, dari ketiga hal tersebut disimpulkan bahwa terdapat potensi penerapan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) di SMK.
Copyrights © 2023