Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah

Potensi Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMK

Muntamah Muntamah (Universitas PGRI Semarang)
Fenny Roshayanti (Pendidikan IPA Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Syaipul Hayat (Pendidikan IPA Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penerapan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMK. Penelitian ini dilakukan dengan metode diskriptif kulitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi teknik pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru-guru pengampu mata pelajaran Projek IPAS SMK di Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Projek IPAS (Ilmu pengetahuan Alam dan Sosial) memiliki pemahaman pendekatan STEAM yang berpotensi untuk mendukung penerapan pendekatan STEAM pada pembelajaran Projek IPAS di SMK sebesar 76,85%. Kebiasaan guru dalam pembelajaran juga sudah mengintegrasikan indikator-indikator pendekatan STEAM sebesar 86,39%, sehingga guru sudah memiliki ketrampilan untuk menerapkan pendekatan STEAM pada pembelajaran Projek IPAS. Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan STEAM sebesar 49,31% sehingga tidak berpotensi menjadi penghambat penerapan pendekatan STEAM pada pembelajaran Projek IPAS di SMK, dari ketiga hal tersebut disimpulkan bahwa terdapat potensi penerapan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) di SMK.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah merupakan jurnal ilmiah inovasi dari multidisiplin ilmu yang diteliti di sekolah. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah diterbitkan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Semarang dengan ISSN 2774-9363 (Cetak) dan ISSN 2774-9746 (Online). Terbit ...