JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Edukasi Nonformal

Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Mengulas Buku

Novi Lestari (Unknown)
Nur Fadilla Hayati (Unknown)
Permata Sari Br Siregar (Unknown)
Riris Silalahi (Unknown)
Romasda Limbong (Unknown)
Yun Parbueuli Munte (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesalahan dan kesulitan dalam mengulas buku pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah. Penelitian ini memiliki manfaat yang dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan atau pun kesulitan siswa yang sering terjadi ketika mengulas sebuah buku. Selain itu juga dapat memberikan solusi terkait permasalahan yang dialami siswa. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan data penelitian berupa kesalahan dan kesulitan siswa dalam mengulas sebuah buku. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ditemukan Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan menulis teks ulasan/resensi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah tahun pelajaran 2014/2015 untuk aspek penyusunan struktur tergolong baik sekali dengan persentase 92%. Kemampuan menulis teks ulasan/resensi berdasarkan penyusunan struktur dapat diketahui bahwa siswa yang mendapat nilai denga kategori baik sekali berjumlah 53 orang (88%), siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori baik, cukup, dan kurang tidak ada (0%), dan siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori kurang sekali berjumlah 7 orang (12%).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...