Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023

PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE ( VCT) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI DINAMIKA PELAKSANAAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA




Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran awal secara konvensional, kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik masih rendah, sehingga perlu dilakukan perbaikan dengan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian adalah mengetahui penerapan pembelajaran PPKn dengan model pembelajaran VCT  (value clarification technique) dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar pada materi Dinamika Pelaksanaan Pancasila sebagai Dasar Negara . Penelitian ini dilakukan di kelas IX C SMPN. 7 Pemalang yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini mengukur kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Untuk memperoleh data kemandirian belajar didapat dari hasil observasi dan angket peserta didik, sedangkan data hasil belajar dilakukan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Kemandirian belajar peserta didik meningkat dari  60,00 %  pada siklus I menjadi 86,67 % pada siklus II atau meningkat 26,66 %, sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar meningkat dari  70,00 %  menjadi  86,67 %  atau meningkat 16,67.%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran VCT dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik kelas IX C SMP Negeri 7 Pemalang dalam materi Dinamika pelaksanaan Pancasila sebagai dasar negara pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...