Pemahaman konsep dan penalaran merupakan modal utama yang baik dalam mempelajari fisika yang bersikap abstrak. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kurangnya media atau alat peraga dalam pembelajaran. Untuk itu diperlukan alat peraga yang dapat membantu pemahaman siswa dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan membaca hasil pengukuran tegangan listrik (KurTegRik) bagi siswa kelas XII MIPA 3 SMAN 1 Sulang Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat KurTegRik ini memanfaatkan bahan yang sudah tidak dipakai menjadi media pembelajaran sederhana untuk pengukuran tegangan listrik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subyek penelitian adalah 36 siswa kelas XII IPA 3. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan hasil 15 siswa tuntas dengan nilai rata-rata kelas mencapai 49,39. Setelah diberikan tindakan cara membaca hasil pengukuran tegangan listrik dengan bantuan model alat peraga KurTegRik pada siklus II terdapat peningkatan hasil yaitu 33 siswa tuntas dengan nilai rata-rata kelas mencapai 71,89. Prosentase peningkatan kemampuan siswa membaca alat peraga dari siklus I dan II yaitu 41,67% menjadi 91,67%. Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan model alat peraga pengukur tegangan dapat meningkatkan kemampuan membaca hasil pengukuran tegangan listrik.
Copyrights © 2023