Juwara : Jurnal Wawasan dan Aksara
Vol. 3 No. 1 (2023)

Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa dengan Pendekatan STEAM pada Open Class Materi Pola Bilangan

Ade Januardi (SMP Negeri 5 Sungai Kunyit)
Utin Desy Susiaty (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
27 May 2023

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematis siswa pada materi pola bilangan dengan pendekatan STEAM. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sungai Kunyit dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai pretest dan posttest untuk kemampuan matematis materi pola bilangan dengan rata-rata 62,11 dan 69,67. Setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan matematis siswa pada materi pola bilangan mendapatkan nilai Sig. (2 tailed) = 0,000 dengan Sig. (2 tailed) < 0,05 (0,000 > 0,05) maka Ho ditolak. Dengan demikian pembelajaran dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan matematis siswa pada materi pola bilangan dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa. Abstract The purpose of this study was to determine the increase in students' mathematical abilities in the number pattern material with the STEAM approach. This research is an experimental study with a one group pretest-posttest design. The sample in this study was class VIII SMP Negeri 5 Sungai Kunyit with purposive sampling technique. The results showed that students obtained pretest and posttest scores for the mathematical ability of the number pattern material with an average of 62.11 and 69.67. After applying learning with the STEAM approach to students' mathematical abilities in the number pattern material, they get the value of Sig. (2 tailed) = 0.000 with Sig. (2 tailed) < 0.05 (0.000 > 0.05) then Ho is rejected. Thus learning with the STEAM approach to students' mathematical abilities in number pattern material can improve students' mathematical abilities.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juwara

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan dan Pengembangan Harapan Ananda Daerah Kalimantan Barat dengan p-ISSN 2797-2097 (cetak) dan e-ISSN 2797-2119 (online). Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran, ...