Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 2 (2023): DIDAKTIKA Mei 2023

Pengembangan Modul Pendidikan Kepramukaan Berbasis Kearifan Lokal

Nursyamsi Nursyamsi (IAIN Palopo)
Iim Rifki Alawiah (IAIN Palopo)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan modul, mengetahui desain modul pendidikan kepramukaan berbasis pembelajaran kearifan lokal yang valid, praktis dan menarik, mengetahui validitas ahli modul pendidikan kepramukaan berbasis pembelajaran kearifan lokal. Penelitian pengembangan modul pendidikan berbasis kearifan lokal memiliki tujuan untuk mengetahui kebutuhan modul, Desain serta kevalidan dari modul kepramukaan berbasis kearifan lokal. penelitian ini menggunakan metode penelitian research & development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini merupakan model four-D namun dalam penelitian ini hanya melakukan tahapan 3D yaitu pendefinisan (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Subjek penelitian merupakan peserta didik yang aktif mengikuti pramuka berjumlah 16 orang. sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dokumentasi, kuesioner dan wawancara. Berdasarkan analisis kebutuhan menunjukkan bahwa dalam materi kepramukaan membutuhkan sebuah modul pendidikan kepramukaan yang berbasis kearifan lokal. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji kevalidan produk menggunakan rumus yang dikemukakan oleh riduwan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul pendidikan kepramukaan berbasis kearifan lokal yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat valid oleh ketiga validator dengan hasil rekapitulas 76%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...