SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat)
Vol 12, No 1 (2023): Mei

Pembelajaran IPA menggunakan FUNEX (Fun Sains Experiment) di SDN 01 Karakan Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo

Ida Nugroho Saputro (Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret,)
Annafi Nur Faisa Hapsari (Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret,)
Ardhea Nur Syahfa (Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret)
Galuh Retno Palupi (Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret)
Hasna Madikha (Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret,)
Ikhsan Jodyastama (Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret,)
Nimas Dwi Astuti (Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret)
Respati Arli Shigit i Wisanggen (Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret)
Rismawati Ariesta Wulandari (Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret,)
Salma Miftahul Azizah, (Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret)
Uswah Karimah Nur Khasanah (Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret,)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Semua anak memerlukan pendidikan yang layak untuk perkembangan daya pikir. Untuk meningkatkan daya berpikir, maka siswa memerlukan pembelajaran yang menarik. Dalam pembelajaran menumbuhkankan antusias dan semangat belajar sehingga meningkatkan pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Kegiatan pembelajaran dilakukan di SDN 01 Karakan Weru Sukoharjo. Pembelajaran disekolah ini mempunyai keterbatasan pada sarana prasarana dan kinerja pendidik yang kurang optimal. Sehingga perlu dilakukan inovasi pembelajaran agar siswa mudah dalam memahami materi mata pelajaran IPA. Dalam hal ini diterapkan pelaksanaan program kerja Fun Sains Experiment (FUNEX) dengan melakukan eksperimen sains yang menyenangkan. Pada kegiatan ini menggunakan metode observasi dan wawancara untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pemahaman siswa. Program FUNEX dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dengan agenda eksperimen air anti gravitasi dan roket cuka. Pada pembelajaran ini meningkatkan antusias dan semangat belajar pada siswa untuk mata pelajaran IPA. Pembelajaran ini melibatkan siswa secara langsung melakukan eksperimen untuk melihat kejadian-kejadian yang berkaitan dengan sains. Siswa dapat memahami dengan mudah tentang konsep pelajaran IPA yang diajarkan oleh guru. Kata kunci: pembelajaran; FUNEX; memahami; sains .

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-semar

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal SEMAR adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan dan dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas ...