COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 6, No 3 (2023)

Implementasi Computational Thinking Melalui Model Pembelajaran Problem-Based Learning pada Mata Pelajaran IPA di SD

Anisa Usmathul Jannah (Universitas Sanata Dharma, Indonesia)
Cintya Hasthiolivia (Universitas Sanata Dharma, Indonesia)
Moh Nur Azis (Universitas Sanata Dharma, Indonesia)
Christiyanti Aprinastuti (Universitas Sanata Dharma, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil implementasi computational thinking melalui model pembelajaran problem-based learning pada mata pelajaran IPA kelas VB di SD Kanisius Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kanisius Kalasan yang beralamat Jl. Solo KM.13, Kringinan, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di kelas VB dengan jumlah 25 peserta didik dengan 12 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan pembelajaran dan angket peserta didik. Hasil penelitian ini peserta didik senang dengan pembelajaran yang mengimplementasikan computational thinking dan dapat membuat alat penjernih air sederhana.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...