Dalam beberapa tahun terakhir ini perkembangan sistem pembayaran yang berbasis teknologi telah mengubah secara signifikan arsitektur sistem pembayaran konvensional yang mengandalkan fisik uang sebagai instrumen pembayaran meski fisik uang sampai saat ini masih banyak digunakan masyarakat dunia sebagai alat pembayaran namun sejalan dengan perkembangan teknologi sistem pembayaran yang pesat pola pembayaran tunai atau cash secara berangsur beralih menuju pembayaran non tunai. Salah satu produk keuangan digital tersebut adalah uang elektronik (e-money).[1] Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan, persepsi manfaat dan religiusitas terhadap keputusan pembelian menggunakana e-money. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 267 responden dengan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan alat hitung spss versi 22. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t (parsial) dan uji f (simultan) didapatkan sebuah jawaban bahwa variabel kepercayaan, persepsi manfaat, dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan e-money dengan hasil tersebut sekaligus menjawab tujuan dari penelitian.
Copyrights © 2023