Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Maret 2023

NEED ANALYSIS IN CURRICULUM MATERIALS DEVELOPMENT(CASE STUDY IN EDUCATION PROGRAM STUDY AT MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF SUMATERA BARAT)

Beniario, Beniario (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Pengumpulan informasi kebutuhan menjadi salah satu syarat dalam pengembangan bahan ajar (first step), dan penentu dalam memberikan layanan yang sesuai untuk mempersiapkan pengetahuan global yang bersifat implementatif, pengetahuan itu tidak hanya berupa ilmu tapi muatan nilai yang menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas bagi seorang peserta didik dan guru yang terukur secara ilmiah dan sistematis dalam pelaksanaanya. Kajian ini lebih dikenal dengan analisis kebutuhan (need analysis) pada lingkaran pengajaran yang sesuai dengan permintaan peserta didik. Brown J.D (1995: 35) Meskipun pembahasan ini sudah lama namun perubahan dan perkembangan informasi teknologi membuat kebutuhan peserta didik bersifat statis, sehingga kajian kajian kebutuhan pengembangan materi kurikulum akan selalu baru karena perbedaan kebutuhan yang cendrung berkembang dan berubah. Objek penelitian ini adalah bagaimana memilih topik-topik pembelajaran yang kekinian (up-to-date) sesuai dengan pilihan mereka dalam pengembangan bahan ajar. Penelitian ini lebih bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data secara kolektif menggunakan google form pada peserta didik. Adapun topik yang menarik untuk dikembangkan dalam bahan ajar sebagai berikut; Muhammadiyah history, Muhammadiyah movement types, Muhammadiyah business, politics, traditional games, and Muhammadiyah figures. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemilihan topik pembelajaran ada enam topik yang akan dikembangkan dalam pembelajaran, sehingga ini menjadi salah satu rekomendasi dalam pegembangan materi kurikulum.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

inovasipendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, ...